MANFAAT BERENANG DI AIR LAUT


 manfaat berenang di air lautDalam musim liburan pasti teman-teman traveler akan mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada mulai dari wisata gunung sampai dengan wisata laut,pasti banyak yang memilih lautan, toh wilayah Indonesia kan kepulauan pastina wisata pantai yang banyak dipilih. Tapi apakah teman-teman traveler mengetahui manfaat berenang di air lau?

Manfaat berenang di air laut memiliki segudang manfaat loch buat tubuh kita. Berdasarkan fakta empiris yang ada mengukapkan bahwa air laut banyak mengandung mineral alami yang dibutuhkan oleh mahluk hidup seperti kita. Banyak masalah kesehatan yang bisa teratasi jika berendam di air laut, terutama problem kesehatan yang berhubungan dengan gangguan pada kulit, pembuluh darah, saluran,pernafasan dan paru-paru

ENAM MANFAAT BERENANG DI AIR LAUT

  1. Meredakan penyakitberenang di laut

Beberapa penyakit yang bisa diredakan dengan berendam di air laut seperti:

  • Flu
  • Yoduim yang terdapat di air laut bisa menjadi antiseptic alami untuk melawan infeksi dan membunuh parasit, bakteri dan jamur pada kulit. (bebas panu)
  • Menghirup uap air garam dari air laut (natrium klorida), membantu melonggarkan lender dan mengobati masalah paru seperti bronchitis dan sinusitis
  1. Mencukupi mineral dalam tubuh

Sering sekali kebutuhan mineral dalam tubuh tidak tercukupi oleh makanan yang dimakan setiap hari. Dengan  manfaat berendam di air laut, kulit tubuh kita akan menjadi membrane osmosis, sehinga mineral yang ada ddi dalam air laut akan terserap kedalam tubuh.

  1. Exfoliator alami
  • Air laut juga bermanfaat membantu mengurangi peradangan dan penyembuhan gangguan kulit seperti dermatitis dan eksim. Sifat antiseptik air laut dapat membantu penyembuhan lecet, luka, ruam, dan juga meningkatkan elastisitas kulit.
  • Spa di seluruh dunia menggunakan garam laut untuk keperluan terapi pijat dan perawatan kecantikan. Garam bertindak sebagai exfoliator alami membantu mengeluarkan racun dari kulit dan mendorong regenerasi sel-sel mati
  1. Komposisi air laut serupa dengan plasma darah manusia.

Air laut mengandung 84 elemen penting yang sama dengan yang ditemukan di dalam plasma darah manusia. Meliputi vitamin, garam mineral, dan asam amino. Air laut juga kaya mikroorganisme yang menghasilkan antibiotik, antimikroba dan zat anti bakteri aktif.

  1. Panjang umur ala nelayan teluk Okinawa

Menurut studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School, para nelayan di Teluk Okinawa Jepang adalah masyarakat yang panjang umur. Konon rata-rata orang Okinawa mampu mencapai usia 100 tahun. Sebagai masyarakat nelayan, kehidupan sehari-hari mereka sangat dekat dengan lingkungan laut. Selalu bersentuhan dan menghirup udara laut. Makanan merekapun sebagian besar juga berasal dari hasil laut.

  1. Pantai adalah tempat relaksasi terbaik

Sinergi antara air laut dengan sinar matahari akan menstimulasi melunturkan berbagai gangguan emosional, seperti depresi, gelisah, cemas, apatis dan sebaginya.

Masih belum percaya manfaat berenang di air laut? Nie ane kasih penyejelasan menurut beberapa ahli tentang kandungan yang terdapat pada di air laut. 😛

 

Air laut mengandung 3,5% garam-garaman, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut. Keberadaan garam-garaman mempengaruhi sifat fisis air laut (seperti: densitas, kompresibilitas, titik beku, dan temperatur dimana densitas menjadi maksimum) beberapa tingkat, tetapi tidak menentukannya.Beberapa sifat (viskositas, daya serap cahaya) tidak terpengaruh secara signifikan oleh salinitas.Dua sifat yang sangat ditentukan oleh jumlah garam di laut (salinitas) adalah daya hantar listrik (konduktivitas) dan tekanan osmosis.

Kandungan yang terdapat dalam air laut adalah klorida (55%), natrium (31%), sulfat (8%), magnesium (4%), kalsium (1%), potasium (1%) dan sisanya (kurang dari 1%) teridiri dari bikarbonat, bromida, asam borak, strontium dan florida. Tiga sumber utama garam-garaman di laut adalah pelapukan batuan di darat, gas-gas vulkanik dan sirkulasi lubang-lubang hidrotermal (hydrothermal vents) di laut dalam. Pytkowicz dan Kester (1971 cit Austin, 1992).

Nah beberapa kandungan mineral tersebutlah yang berkasiat untuk tubuh kita,

 

SUMBER

Youqueen.com/life/health/sea-water-health-benefits

Sanusi, H. S. 2006. Kimia Laut. Proses Fisik Kimia dan Interaksinya dengan Lingkungan. Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *